Sembunyikan filter
Filters 0
Sort by :
Filters 0

Manfaat Olahraga Berkuda untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Olahraga Berkuda untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Olahraga berkuda belakangan sedang menjadi tren, terutama di kalangan artis tanah air seperti Nabila Syakieb, Nia Ramadhani, hingga Cathy Sharon. Bahkan beberapa dari artis tersebut sudah memiliki kuda pribadi dengan harga fantastis.

Sayangnya ditengah hobi berkuda yang terbilang cukup bergengsi ini kerap kali dipandang sebelah mata. Kebanyakan orang menganggap bahwa berkuda hanyalah sebuah kegiatan hiburan dimana kamu cukup naik ke punggung kuda kemudian mengendalikan cara berjalan kuda yang ditunggangi. Sesederhana itu!

Tapi ternyata selama ini persepsi tersebut salah, menunggang kuda bukan sesederhana itu. Ada banyak teknik yang harus kamu kuasai supada mampu mengendalikan kuda dan mengatur kecepatan lajunya. Perlu keahlian khusus dan latihan rutin untuk memiliki kemampuan layaknya atlet penunggang kuda.

Bukan tanpa alasan belakangan menunggang kuda menjadi salah satu olahraga hits. Ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga ini. Katherine Blocksdorf, pakar penunggang kuda menyebutkan jika olahraga ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan fisik, mental, dan juga spiritual.

1. Manfaat Menunggang Kuda untuk Kesehatan Fisik

Menunggang kuda masuk sebagai salah satu cabang olahraga. Olahraga ini mampu melatih kekuatan otot kaki, area abdomen, bahu, hingga otot punggung. Ini terjadi karena tubuh harus berada di posisi tegak saat menaiki punggung kuda. Selain itu kamu harus menggerakkan tubuh mengikuti irama kuda yang dinaiki.

Khusus untuk wanita, olahraga menunggang kuda dapat membantu membakar kalori. Menurut buku Body For Life for Women, saat kamu menunggang kuda selama lima menit dengan berjalan santai maka akan membakar sebanyak 5 kalori. Ini terjadi karena menjalani olahraga horseback riding tidak jauh berbeda dengan aktivitas berjalan. Perlu kamu tahu, olahraga ini juga punya manfaat untuk memperbaiki fungsi liver.

Selain membakar kalori dan melatih otot, olahraga ini juga akan membantu kamu menjaga keseimbangan atau koordinasi tubuh, Siapapun dapat mencoba menjalani olahraga ini baik orang dewasa, anak-anak, hingga orang tua.

2. Menunggang Kuda untuk Kesehatan Mental

Saat ini di media sosial sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan tentang mental health. Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga supaya tidak mudah depresi atau stress dengan hal-hal yang terjadi dalam kehidupan.

Menunggang kuda bisa menjadi salah satu terapi mental yang bisa kamu coba. Olahraga ini membuat kamu menemukan hal baru dan terus belajar demi bisa memahami kuda yang ditunggangi. Umumnya sebagai penunggang pemula kamu hanya memikirkan cara mengendalikan kuda padahal supaya bisa menunggang kuda yang baik kamu dituntut untuk memahami emosi dari kuda yang ditunggangi. Sehingga tidak jarang meski kamu termasuk orang yang pro dalam olahraga ini biasanya akan menemui hal-hal tak terduga yang terjadi. Sehingga kamu dituntut untuk memutuskan sesuatu dalam waktu cepat. Kebiasaan ini dapat menjadi sebuah kebiasaan yang baik untuk kondisi mental kamu dan melatih otak untuk memberikan reaksi yang cepat dalam mengambil keputusan.

Selain itu menunggang kuda dapat membantu kamu meningkatkan daya ingat pada otak. Serupa dengan anggota tubuh lainnya, otak juga harus selalu dilatih agar sehat dan berfungsi dengan baik. Dengan menunggang kuda, otak kamu dituntut untuk selalu stand by memikirkan langkah-langkah selanjutnya dan mengatasi tindakan tak terduga dalam waktu cepat. Nah, kebiasaan ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Luar biasa, bukan? Kamu yang tengah bosan dengan berbagai olahraga yang ada bisa menjadikan horse riding sebagai salah satu alternatif olahraga baru. Tak perlu khawatir soal perlengkapan berkuda karena perlengkapan tersebut bisa dimiliki dengan mengunjungi halaman decathlon.co.id. Semua jenis peralatan olahraga bisa kamu dapatkan di situs ini dengan harga yang relatif terjangkau. Selamat mencoba berkuda ya!